Sang Imam Tauhid – Pelajaran dari Kisah Nabi Ibrahim a.s (2-end)

MI Plus Mutiara Islam - MI Plus Islam Surabaya
MI Plus Mutiara Islam | Membangun Generasi Qurani Berprestasi

MI Plus Mutiara Islam Surabaya, telah memposting kembali kisah ini :

Allah berfirman”Ketahuilah bahwa segala hukum(pada hari kiamat)kepunyaanNya. Dan dialah pembuat perhitungan yang paling cepat”(QS Al An`am ayat 62)
“Telah sempurna kalimat Rabbmu(Al Qur`an) sebagai kalimat yang benar dan adil.
Dan tidak ada yang dapat mengubah ubah kalimatNya dan Dialah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui” (QS Al An`am ayat 115). Imam Ibnu Katsir mengatakan ”maksud dari “kalimat yang benar dan adil” adalah berita beritanya benar dan hukum hukumnya adil”
Jadi, Allah SWT bertanya kepada Ibrahim a.s “Belum yakinkah kamu?” , Ibrahim a.s menjawab”aku telah meyakininya namun agar hatiku tetap mantap (tenang dengan keimananku)”
Hal ini menunjukkan bahwa derajat ihsan lebih tinggi daripada derajat iman. Dan keyakinan orang yang langsung melihat sesuatu lebih banyak daripada hanya sekadar mendengarnya saja. Abu Ath-Thayyib Al Mutanabbi berkata “Ambillah apa yang kamu lihat dan biarkan sesuatu yang kamu dengar di dalam benderangnya bulan purnama, namun hal itu tidak mencukupimu untuk meraih bintang”. Ini seperti yang disebutkan oleh Imam Ali bin Abi Thalib r.a bahwa ia berkata”Demi Allah, kalau sekiranya Allah menyingkap tabir penutup dariku,lalu aku melihat neraka dan syurga niscaya hal itu tidak akan menambah keimananku barang sebiji dzarrah pun”. Maksudnya ia sudah sampai derajat keyakinan.
Hafizh Al Hakami mengomentari perkataan Imam Ali r.a “Sungguh imannya sangat kokoh tertanam di dalam hati. Bahkan yang tidak terlihat seperti tampak jelas baginya”
Kalau sudah diberitakan bahwa di hari kiamat kelak akan ada syurga, sesungguhnya hal itu sudah cukup membuat mereka percaya dan yakin. Dalam perang Uhud salah seorang sahabat berkata” Wahai Sa`ad , demi Zat yang jiwaku berada dalam kekuasaanNya, sesungguhnya aku telah mencium keharuman syurga dari balik Bukit Uhud”. Inilah yang dinamakan keyakinan bukan ilmu doctoral yang membuat manusia abad ke-15 tidak mengenal shalat berjamaah di masjid,lalu ia berkata “Inilah ilmu”. Allah SWT berfirman “Mereka mengetahui secara lahir tentang kehidupan dunia, sementara mereka lalai dari kehidupan akhirat”(QS Ar Rum ayat 7).
Ibrahim a.s berkata”Agar hatiku tetap mantap(dengan keimanan dan keykinanku)”. Maka Allah berfirman kepadanya”(Kalau demikian),maka ambillah empat ekor burung lalu cincanglah semuanya olehmu”. Bahwasanya kita tidak perlu menyibukkan diri mencari nama nama dan jenis tersebut, apakah dari jenis bebek,merpati,ataukah lainnya. Yang terpenting burung. Kalau sekiranya dengan menyebutnya ada maslahat, niscaya nama burung itu akan diberitahukan kepada kita semua. Lalu Ibrahim a.s memotong motong,mencampuradukkan, serta menyerakkannya di atas empat gunung. Lalu ia turun ke tengah tengah bukit.
Lalu Allah SWT berfirman “Kemudian panggillah mereka,niscaya mereka akan datang kepadamu dengan segera”. Ibrahim a.s turun dan memanggil mereka dan Allah menghidupkan dan mengembalikan ruh mereka.Ibrahim a.s memberikan kepala kepada seekor burung yang bukan kepalanya,maka burung ini tidak menerimanya,karena ini bukan kepalanya. Dan dia juga memberikan kaki kepada seekor burung yang bukan kakinya,maka burung ini juga tidak menerimanya karena ini bukan kakinya.
Kemudian Allah SWT berfirman”Dan ketahuilah bahwa Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana” Para Ulama berkata”Ibrahim a.s adalah guru besar ilmu tauhid dan pakar akidah, maka bukan berarti dia tidak mengetahui bahwa Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. Akan tetapi setelah kisah ini ilmunya tentang keperkasaan dan kebjaksanaan Allah semakin bertambah,sehingga kepadanya dikatakan ”Dan ketahuilah bahwa Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana”

MI Plus Mutiara Islam Surabaya, telah memposting kembali kisah ini .
Bagikan ke teman :
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...